Jumat, 15 Oktober 2010

perbedaan koperasi dengan perkumpulan lain

sebenarnya perbedaan yang sangat menonjol adalah terletak pada sifatsifat, macam dan wujud dari organisasi tersebut. dan secara garis besar perkumpulan mementingkan mementingkan keuntungan dan citacita. seperti Contoh: perusahaan perseorangan, kongsi, firma, itu lebih mementingkan keuntungan. sedangkan semacam sekolah,masjid,gereja itu lebih mementingkan kepentingan citacita.

jadi perbedaannya adalah :
**Gotong royong
Sejak dului kala bangsa indonesi ini terkenal dengan bangsa yang mementingkan kepentinagn bersama semacam gotong royong walaupun sudah jelas adt istiadat daera satu dengan yang lain sangat berbeda. misalnya goton royong (jawa), gugur gunung (sumatra), mapalus(manado) dan sebagainya. Sifat gotong royong yang khas itu antara lain yakni sementara dan statis.

Gotong royong mempunyai ciriciri :
merupakan kerja sama di lapangan sosial di dasarkan atas adat istiadat,bersifat sementara, organisasi yang tidak teratur tanpa administrasi, bersifat menunggu dan statis, tidak mempunya peraturan tertulis sebab di dasarkan pada kebiasaan kebiasaan menurut adat dan ada unsurunsur paksaan.
Sedangkan ciriciri koperasi adalah : " kerjasama di lapangan perekonomian bertujuan memajukan kesejahteraan anggota. di usahakan terus menerus, organisasi yang teratur dengan administrasi yang tersusun , aktif dan dinamis mempunyai anggaran dasar serta peraturan- peraturan yang di susun oleh anggota sendiri dan di atur oleh undang-undangdan berdasarkan kesukarelaan dan kesadara.

*jadi dapat di ambil kesimpulan bahwasanya koperasi itu memeliki peraturan yang logis dan memang sudah di atur sehingga kerjanya cukup rapi dan seluruh anggota pun dapat mengetahui keadaan koperasi itu semacam keadaan anggaran ataupun yang lalinnya.
(ref. drs. Panji Anoraga & Dra.Ninik Widiyanti “ Dinamika Koperasi” Pt Rineka Cipta, Jakarta, 1993.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar